Selasa, 29 November 2011

Politik,Ruang lingkup,Obyek politik ,Perkembangan Politik


Ruang Lingkup
         Perluasan cakrawala analisis politik dengan saling memanfaatkan kerangka analisis sosiologi dan politik untuk memahami hubungan timbal balik antara variabel politik dan variabel sosial.
         Praktek kekuasaan dalam kehidupan sosial sehari-hari, baik yang berhubungan dengan negara maupun non-negara.
         Kajiannya menyangkut, sosialisasi politik, partisipasi politik, identitas dan kultur politik, dan globalisasi kekuasaan.
         Masalah pokok dalam sosiologi politik juga meliputi: Masyarakat, Negara, Tertib Sosial dan Perubahannya, Ketimpangan dan Pelapisan Sosial, Politik, Partisipasi Politik, dan Kekuasaan.
Di Indonesia, ilmu politik relatif baru perkembangannya, karena lembaga yang secara khusus menyediakan pendidikan ilmu politik baru dibuka pasca kemerdekaan. Awal perkembangannya pun masih kental dengan pendekatan lama dari ilmu politik yang menekankan pada aspek kelembagaan pada studinya. Penamaan jurusan ilmu pemerintahan, mencerminkan realitas demikian. Ilmu politik dalam hal demikian lebih dikaitkan dengan lembaga-lembaga pemerintahan. Baru pada 1970-an, ilmu politik di Indonesia mengikuti lebih cepat perkembangan ilmu politik di dunia, seiring dengan mulai banyaknya ilmuwan politik Indonesia yang menamatkan pendidikannya di luar negeri dan dibukanya jurusan atau departemen di berbagai perguruan tinggi.

Meskipun demikian, secara kualitatif, perkembangan ilmu politik di Indonesia masih tertinggal kalau dibandingkan dengan perkembangan ilmu politik di negara-negara lain. Hal ini terlihat dari masih minimnya publikasi ilmuwan politik Indonesia, khususnya publikasi di tingkat internasional. Di antara sebabnya adalah karena tingkat kemampuan para ilmuwannya masih terbatas. Dalam kondisi demikian, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Airlangga yang sejak awal 1980-an mengembangkan Ilmu Politik membuka Program S2 yang secara khusus mengembangkan Ilmu Politik.  
Objek dari sosiologi adalah masyarakat dalam berhubungan dan juga proses yang dihasilkan dari hubungan tersebut. Tujuan dari ilmu sosiologi adalah untuk meningkatkan kemampuan seseorang untuk menyesuaikan diri atau beradaptasi dengan lingkungan sosialnya.
Pokok bahasan dari ilmu sosiologi adalah seperti kenyataan atau fakta sosial, tindakan sosial, khayalan sosiologis serta pengungkapan realitas sosial.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar